Jagoan Indonesia Sumber foto skylarcomic

Seandainya jagoan Indonesia jadi “The Jawara”

Udara Jakarta siang itu terasa panas, disalah satu sudut kota seorang  anak bertubuh subur dengan lesu menyusuri jalanan setapak hendak pulang setelah lelah menjajakan koran, ditangannya masih ada beberapa eksemplar koran yang belum terjual.

Rama Superman Indonesia

Rama Superman Indonesia

Tiba tiba dia mendengar  seseorang merintih kesakitan, dicarinya sumber suara tersebut. Diihatnya seorang kakek sedang terbaring lemah diatas rerumputan. Dengan sigap dan penuh rasa belas kasih, Andi si penjual koran tersebut menggelar sisa koran dagangannya menjadi alas si kakek. Melihat kondisi kakek yang  lemas tersebut, kemudian Andi berlari mencari makanan untuk diberikan kepada si Kakek.  

Sekuel selanjutnya tentunya  sang Jagoan yang baik dan tidak sombong menjadi penumpas kejahatan. Sang Jagoan yang lahir karena sikap mau menolong sesamanya, bukan karena lahir dari keluarga jagoan atau berasal dari dunia lain.


Seorang pemuda kerempeng tanpa kenal menyerah selalu mendaftarkan diri untuk menjadi tentara dan maju ke medan perang, bukan hanya karena teman akrabnya sudah terlihat gagah dengan  tampilan militernya namun juga menjadi idola bagi wanita wanita.

The Avenger - Marvel

The Avenger – Marvel

Hingga akhirnya ada ‘perekrut’ yang melihat kegigihannya tersebut lalu memberikan rekomendasi agar pemuda tersebut masuk dan menjalani pelatihan militer. Sang pemuda bukan hanya untuk jadi militer tapi menjadi objek suatu percobaan ilmu pengetahuan menciptakan jagoan.

Saat ini jika ditanya tentang nama nama jagoan atau superhero kebanyakan akan menjawab Superman, Batman, Spiderman, Ironman, tidak ada yang menyebutkan jagoan superhero buatan sineas Indonesia. Apakah Indonesia tidak mempunyai tokoh super hero selain dari tokoh cerita wayang ?

Euforia saat nonton Avenger beberapa tahun lalu masih saya rasakan, semua superhero beraksi dalam satu film, gegap gempita dengan aksi jagoanmelebihi ekspektasi dan  layar layar bioskop pun dikuasai film film besutan Hollywood ini.

Lalu kemana superhero indonesia ?

Tidak kalah dari Hollywood, sebetulnya indonesia juga pernah ada film super hero dengan jagoan lokal.  Tersebutlah Sri Asih, yang dibuat tahun 1954, film superhero Indonesia yang di sutradaranya Turino Djunaedy dan Tan Sing Hwat. ini merupakan adaptasi dari komik berjudul sama dengan filmnya, karya mendiang RA Kosasih. Pria yang  banyak melahirkan komik komik wayang seperti  “Mahabharata” dan “Ramayana”. Sebelum membuat dua judul itu, Kosasih sudah mengeluarkan komik jagoan wanita “Sri Asih”, sosok jagoan yang meruppakan perpaduan Wonder Woman dan Superman yang diramu dengan bumbu local, yang memakai kostum layaknya Dewi Kahyangan.

Sri Asih jagoan Indonesia

Sri Asih jagoan Indonesia

Beberapa tahun kemudian, sineas Indonesia kembali melahirkan jagoan yang masih dengan sifat baiknya, “Rama Superman Indonesia” Superhero yang bisa terbang selayaknya Superman ini juga memberantas kejahatan. Jika Superman terlahir dari galaxy diluar bumi, Rama terlahir sebagai manusia biasa yang mempunyai budi pekerti untuk saling menolong sesame. Seperti kepercayaan masyarakat Indonesia umumnya yang percaya jimat, superhero  Rama juga mempunyai jimat untuk merubah dirinya menjadi jagoan.

Setelah bioskop indonesia dihujani superhero hollywood, sineas indonesia  tenggelam melahirkan superhero lokal dan lebih mengandalkan cerita drama percintaan, horor dan yang sedang ngetrend saat ini mengangkat jagoan komedi  panggung.

Disini sesungguhnya merupakan tantangan bagi sineas indonesia untuk bisa bersaing bukan hanya dengan sineas lokal tapi juga hollywood dengan superheronya yang sudah cukup akrab di masyarakat Indonesia. Mampukah sineas Indonesia melahirkan superhero lokal yang akan bersaing dengan superhero hollywood ? Semoga suatu saat waktu nanti superhero indonesia kembali beraksi menyelamatkan perfilman indonesia dari serbuan superhero hollywood.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s